Pertemuan 8

METODE DESAIN

USER INTERFACE DESIGN /UID

TUJUAN :

MERANCANG INTERFACE YANG EFEKTIF UNTUK SISTEM PERANGKAT LUNAKàSIAP DIGUNAKAN, DAN HASILNYA SESUAI DG KEBUTUHAN.

GRAPHICAL USER INTERFACE :

INTERFACE YANG BANYAK DIGUNAKAN DALAM SOFTWARE.

KEUNTUNGANNYA :

1.    GAMPANG DIPELAJARI OLEH PENGGUNA YANG KURANG PENGALAMAN;

2.    BERPINDAH DARI SATU LAYAR KE LAYAR YANG LAIN TANPA KEHILANGAN INFORMASI;

3.    AKSES PENUH PADA LAYARà BEBERAPA MACAM TUGAS/KEPERLUAN.

KARAKTERISTIK GUI :

FASILITAS INTERAKSI UNTUK TIPE USER YANG BERBEDA DISEDIAKAN. MISALNYA UKURAN HURUF BISA DIPERBESAR.

PERMASALAHAN PERANCANG SISTEM (USER INTERACTION) :

(1)  BAGAIMANA INFORMASI DARI USER BISA DISEDIAKAN UNTUK SISTEM KOMPUTER?

MISALNYA PADA SAAT INPUT DATA

(2) BAGAIMANA INFORMASI DARI SISTEM KOMPUTER DITAMPILKAN UNTUK USER?

MENYATUKAN INTERAKSI PENGGUNA (USER INTERACTION) DAN PENYAJIAN INFORMASI (INFORMATION PRESENTATION).

ADA 5 TIPE UTAMA INTERAKSI UNTUK USER INTERACTION:

  1. MENU SELECTION–PILIHAN BERBENTUK MENU:

MEMILIH PERINTAH DARI DAFTAR YANG DISEDIAKAN.

CONTOH :

SAAT CLICK KANAN DAN MEMILIH AKSI YANG DIKEHENDAKI.

KELEBIHAN :

  • USER TIDAK PERLU INGAT NAMA PERINTAH.
  • PENGETIKAN MINIMAL.
  • KESALAHAN RENDAH.

KEKURANGAN :

  • TIDAK ADA LOGIKA AND ATAU OR.
  • PERLU ADA STRUKTUR MENU JIKA BANYAK PILIHAN.
  • MENU DIANGGAP LAMBAT OLEH EXPERT USER DIBANDING COMMAND LANGUAGE.

IDAK?

KARAKTERISTIK INFORMASI :

1. STATIC INFORMATION:

  • DITENTUKAN SAAT AWAL SESI. TIDAK BERUBAH SELAMA SESI BERJALAN.
  • BISA BERUPA INFORMASI NUMERIS ATAU TEKS CHART DI MS-EXCEL
  • DISAJIKAN DENGAN JENIS HURUF KHUSUS YANG MUDAH DIBACA ATAU DIBERI HIGHLIGHT DENGAN WARNA TERTENTU. MENGGUNAKAN ICON YANG MEWAKILI.

2. DYNAMIC INFORMATION:

  • PERUBAHAN TERJADI SELAMA SESI BERLANGSUNG DAN PERUBAHAN HARUS DIKOMUNIKASIKAN/DITUNJUKKAN KE USER
  • BISA BERUPA INFORMASI NUMERIS ATAU TEKS.

CONTOH : DEFRAGMENTATION, SCANNING VIRUS, DOWNLOAD.

INFORMASI DENGAN NUMERIK DAPAT DISAJIKAN DENGAN CARA DIGITAL ATAU ANALOG DENGAN KARAKTERISTIK :

1. DIGITAL PRESENTATION

A. SINGKAT – HANYA PERLU SEDIKIT TEMPAT PADA LAYAR

B. KETEPATAN NILAI DITUNJUKKAN

2. ANALOGUE PRESENTATION

A. NILAI TERLIHAT SAMBIL LALU

B. UNTUK MENUNJUKKAN NILAI RELATIF

C. MUDAH MELIHAT DATA NILAI YANG BERBEDA

PENGGUNAAN WARNA PADA DESAIN INTERFACE :

  • WARNA MENAMBAH DIMENSI EKSTRA PADA SUATU INTERFACE DAN MEMBANTU USER MEMAHAMI STRUKTUR YANG KOMPLEKS;
  • BISA DIPAKAI UNTUK MEWARNAI-TERANG (HIGLIGHT) HAL-HAL KHUSUS;
  • KESALAHAN UMUM DALAM PENGGUNAAN WARNA PADA DESAIN USER INTERFACE:

USER GUIDANCE—DALAM USER INTERFACE–MELIPUTI FASILITAS SISTEM TERMASUK ON-LINE HELP, ERROR MESSAGES, DAN USER MANUAL.

FAKTOR-FAKTOR PADA DESAIN ERROR MESSAGE :

FORM INPUT DARI PENGGUNA :

ERROR MESSAGE DENGAN ORIENTASI YANG BERBEDA :

  • BERORIENTASI PADA SISTEM :

ü  PESAN MEMBUAT PENGGUNA MERASA TIDAK BERDAYA KARENA TIDAK ADA JALAN KELUAR YANG JELAS.

ü  BAHASA YANG DIGUNAKAN ADALAH BAHASA TEKNIS YANG TIDAK BERARTI APA-APA.

  • BERORIENTASI PADA PENGGUNA :

ü  PESAN LEBIH JELAS DAN MEMBERIKAN ALTERNATIF JALAN KELUAR.

ü  MESKIPUN INFORMASI YANG DIBERIKAN LEBIH BANYAK DAN TERKESAN PENUH, TAPI PENGGUNA MERASA TERTOLONG.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s