Pertemuan 4

Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Manajemen proyek perangkat lunak merupakan bagian yang penting dalam pembangunan perangkat lunak. Sekalipun tidak bersifat teknis seperti pengkodean, hal-hal dalam manajemen proyek PL ini mampu menentukan apakah proyek akan berjalan dengan baik sehingga menghasilkan produk yang baik.

Manajemen Personel, Produk dan Proses

Manajemen proyek perangkat lunak mengatur 4 hal penting: personel, produk, proses dan proyek. Empat hal ini berurutan mulai dari yang paling penting. Personel merupakan mendapat tempat paling penting karena tanpa personel yang baik dan tepat maka 3 hal lain tidak bisa berjalan dengan baik.

 

Katagori Personel

Proses pembangunan PL melibatkan banyak personel. Personel-personel ini digambarkan seperti pemain, dan dikatagorikan dalam 5 katagori pemain:

  • manajer senior : yang menentukan usaha yang dikerjakan, dan pemegang keputusan dalam proyek.
  • manajer proyek (teknis)– pemimpin tim: yang membuat rencana, memotivasi, mengatur dan mengendalikan praktisi yang mengerjakan PL
  • praktisi : yang mengerjakan PL
  • klien : yang menentukan kebutuhan PL dan pihak lain yang berkaitan dengan hasil produk
  • pengguna PL : yang berinteraksi langsung dengan PL yang dibangun.

tim dan manager

Sekalipun masing-masing pilihan punya argumentasi sendiri-sendiri, namun dari pengamatan yang dilakukan, pilihan no 3 dianggap lebih produktif.

Cara atau gaya manajemen, jumlah personel, tingkat kemampuan para personel dan masalah-masalah yang dihadapi tim menentukan bentuk struktur organisasi yang bisa diterapkan. Contoh struktur organisasi tim adalah:

  • Democratic Decentralized (DD)
  • Controlled decentralized (CD)
  • komunikasi vertikal berdasarkan struktur hirarki
  • Controlled Centralized (CC)

 

Pengukuran PL

Metric dalam software engineering didefinisikan oleh IEEE Glossary of SE sebagai “ a quantitative mesaure of the degree to which a system, component, or process possesses a given attribute” atau artinya pengukuran secara kuantitatif pada tingkat sistem, komponen atau proses berdasarkan katagori yang ditetapkan.

2.         pengukuran berdasarkan fungsi (Function Point – FP)

Function point ditentukan berdasarkan bagian-bagian software yang bisa dihitung

seperti :

  • jumlah input dari pengguna
  • jumlah output untuk pengguna
  • jumlah user inquiry: inquiry didefinisikan sebagai online input yang
  • menghasilkan respon langsung dari software dalam bentuk online output
  • jumlah file: baik file yang terpisah dari database, atau bagian dari file
  • jumlah external interface: misalnya data file pada storage media yang digunakan untuk mengirimkan informasi ke sistem lain.

3.         ukuran untuk organisasi kecil (DRE = Defect Removal efficiency)

Untuk organisasi yang kecil mungkin bisa menggunakan ukuran seperti :

  • waktu (hari atau jam) mulai dari permintaan/request samai evaluasi
  • lengkap _ tqueue
  • usaha (personel-waktu) untuk melakukan evaluasi _ Weval
  • waktu (jam atau hari) dari selesainya evaluasi sampai penugasan lain ke
  • personel _ teval
  • usaha (personel – jam) yang dibutuhkan untuk membuat perubahan _
  • Wchange
  • waktu (jam atau hari ) untuk melakukan perubahan, _ tchange
  • kesalahan yang terjadi selama pengerjaan untuk melakukan perubahan _
  • Echange
  • cacat yang terjadi setelah perubahan diserahkan ke klien _ Dchange

setelah ukuran-ukuran tersebut dikumpulkan bisa beberapa hal bisa dihitung seperti total waktu dari permintaan perubahan sampai implementasi dari perubahan. Persentase usaha yang dibutuhkan untuk evvaluasi dan implementasi bisa ditetapkan. Defect Removal Effiency (DRE) bisa dihitung dengan: DRE = Echange / (Echange+ Dchange).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s