Pertemuan 11

REKAYASA WEB

PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MENCIPTAKAN APLIKASI WEB YANG BERKUALITAS TINGGI. MENGADAPTASI REKAYASA PERANGKAT LUNAK DALAM HAL KONSEP DASAR YANG MENEKANKAN PADA AKTIFITAS TEKNIS DAN MANAJEMEN.

(DESAIN WEB) MENEKANKAN PADA DESAIN GRAFIS, DESAIN INFORMASI, TEORI HYPERTEXT, DESAIN SISTEM DAN PEMROGRAMAN.

PERBEDAAN APLIKASI WEB DENGAN SOFTWARE LAIN :

1. NETWORK INTENSIVE.

2. CONTENT-DRIVEN.

3. CONTINUOUS EVOLUTION.

4. DOCUMENT-ORIENTED.

WEBAPP MEMILIKI KARAKTERISTIK :

1. IMMEDIACY.

DIPERLUKAN SEGERA UNTUK MEMENUHI DITAYANGKAN, DIPASARKAN DALAM WAKTU SINGKAT.

2. SECURITY.

MELINDUNGI ISI YANG SENSITIF DAN MENYEDIAKAN PENGIRIMAN DATA YANG AMAN, KEAMANAN SUATU WEBAPP HARUS DITERAPKAN PADA SELURUH INFRASTRUKTUR YANG MENDUKUNG WEBAPP DAN TERMASUK DALAM WEBAPP SENDIRI.

3. ESTHETICS.

DAYA TARIK UTAMA WEBAPP : TAMPILAN DAN KEINDAHAN.

WEBAPP DIGUNAKAN UNTUK MEMASARKAN SUATU PRODUK MAKA SISI ESTETIKA–SISI TEKNIS.

MODIFIED WATERFALL

TAHAPAN DALAM MODIFIED WATERFALL ADALAH :

1. PROBLEM DEFINITION DAN CONCEPT EXPLORATION

2. REQUIREMENT ANALYSIS SPECIFICATION

3. DESIGN PROTOTYPING

4. IMPLEMENTATION AND UNIT TESTING

5. INTEGRATION AND SYSTEM TESTING

6. OPERATION AND MAINTENANCE

FORMULASI DAN ANALISIS SISTEM DAN APLIKASI BERBASIS WEB:

SERANGKAIAN AKTIFITAS REKAYASA WEB YANG DIMULAI DENGAN IDENTIFIKASI TUJUAN DAN DIAKHIRI DENGAN PEMBANGUNAN ANALISIS MODEL ATAU SPESIFIKASI REQUIREMENT SISTEM.

ADA DUA MACAM TUJUAN:

1. INFORMATIONAL GOALS—TUJUAN DARI PENYAJIAN ISI ATAU INFORMASI KEPADA END

2. APPLICATIVE GOALS—BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN YANG DIMILIKI WEBAPP

ADA 4 TIPE ANALISIS DALAM REKAYASA WEB:

1. CONTENT ANALYSIS.

2. INTERACTION ANALYSIS.

3. FUNCTIONAL ANALYSIS.

4. CONFIGURATION ANALYSIS.

DESAIN WEB

ARCHITECTURAL DESIGN: MENGGAMBARKAN STRUKTUR WEBAPP

2. NAVIGATION DESIGN: MENENTUKAN NAVIGASI HALAMAN-HALAMAN WEB. SETELAH ARSITEKTUR WEBAPP SUDAH TERBENTUK DAN KOMPONEN-KOMPONEN SEPERTI HALAMAN, SCRIPTS, APPLET DAN FUNGSI LAIN SUDAH ADA, DEVELOPER MENENTUKAN NAVIGASI YANG MEMUNGKINKAN USER MENGAKSES ISI WEBAPP DAN LAYANANLAYANANNYA.

3. INTERFACE DESIGN: MEMBANGUN INTERAKSI DENGAN USER YANG KONSISTEN DAN EFEKTIF. USER INTERFACE PADA WEBAPP ADALAH KESAN PERTAMA.

BEBERAPA PETUNJUK DALAM MERANCANG INTERFACE DESIGN :

_ SERVER ERRORS, MENYEBABKAN USER PINDAH KE WEBSITE.

_ MEMBACA DI LAYAR MONITOR LEBIH LAMBAT 25% DARI PADA DI KERTAS, KARENA ITU TEKS JANGAN TERLALU BANYAK.

_ HINDARI TANDA “UNDER CONSTRUCTION”.

_ USER TIDAK SUKA SCROLL. PASTIKAN INFORMASI CUKUP DALAM SATU LAYAR.

_ NAVIGASI MENU DAN HEADBAR HARUS KONSISTEN.

_ KEINDAHAN TIDAK SEHARUSNYA LEBIH PENTING DARI PADA FUNGSINYA

_ OPSI NAVIGASI HARUS JELAS SEHINGGA TAHU BAGAIMANA BERPINDAH ATAU MENCARI HAL LAIN PADA HALAMAN AKTIF.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s